Home > Event > Gymkhana/Slalom >

Masih Didominasi Tim Besar

Kejurnas GT Radial Indonesia Night City Slalom (INCS) 2016 Seri-1 Malang

  • Kejurnas GT Radial Indonesia Night City Slalom (INCS) 2016 Seri-1 Malang

Genderang perang Kejurnas Slalom 2016 baru saja ditabuh. (5/3), kemarin, Seri perdana kejuaraan berlabel GT Radial Indonesia Night City Slalom (INCS) 2016, dihelat di Sirkuit Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur. Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, 3 tim besar masing-masing Toyota Team Indonesia (TTI), Nos Fajar Trans (NFT) serta Haji Tjandra Racing Team (HTJRT) menunjukkan kedigdayaannya, dengan mengirimkan para punggawanya ke podium juara.

Diikuti 153 starter dan mempertandingkan 3 kejuaraan nasional, kelas A, F (modifikasi) dan kelas B (gerak roda belakang), persaingan berlangsung cukup sengit. Hasilnya, untuk kelas A, peslalom muda andalan HTJRT Yogjakarta, Herdiko Setyaputra, mampu memecundangi para seniornya seperti Demas Agil dan James Sanger dari NFT Makassar. Herdiko mengemas catatan waktu terbaik di final heat dengan 00:48,664 mengungguli Demas Agil di posisi ke-2 dengan raihan waktu 00:48,720 dan James Sanger 00:48,762. Sedang pada kelas paling bergengsi yakni kelas F atau modifikasi, giliran peslalom terbaik milik NFT yang tak tertandingi. Juara nasional slalom puluhan kali, James sanger, berdiri tegak di podium teratas di kelas ini dengan rangkuman waktu 00:43,764 disusul rekan satu timnya Demas Agil dengan 00:44,240 kemudian posisi ke-3 dihuni peslalom TTI Mico Mahaputra yang membidik waktu 00:44,282. Demikian pula di bagian gerak roda belakang atau yang dikategorikan di kelas B, pasukan-pasukan HTJRT kembali menunjukkan dominasinya dengan menyapu bersih posisi 3 besar. Adrian Septianto, Koh Petrus serta Rysandhy Akbar Rais berurutan menguasai peringkat 1-3.

James Sanger, peslalom senior asli Palembang, Sumsel, ini mengatakan masih dinaungi Dewi Fortuna di penampilannya di Lapangan Rampal Malang. “Saya merasa beruntung, pada final heat kelas F rem tidak berfungsi dengan baik saat menjelang garis finish, tapi malah bisa lebih kencang dan mendapatkan waktu tercepat,” terangnya. Ya, Kejurnas Slalom yang juga memeringati HUT ke-55 Kostrad itu, dimulai sejak pukul 08.00. Warga masyarakat Malang Raya begitu antusias menyambut para peslalom yang akan bertanding Sabtu siang meski cuaca sangat terik.

Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Ganip Warsito menyampaikan, agenda ini merupakan forum komunikasi dan silaturahmi antaranggota TNI dan masyarakat. Ganip berharap dengan dilaksanakannya kejuaraan slalom ini bisa meningkatkan prestasi para peslalom. ”Sejauh pengamatan saya dari pagi hingga malam, saya optimistis Indonesia punya peslalom andal yang bisa mengharumkan nama bangsa hingga ke kancah internasional,” imbuhnya. Melihat animo masyarakat yang begitu luar biasa, tahun depan di momen yang sama, Kostrad rencananya juga akan menyelenggarakan agenda serupa.

Sementara, putaran ke-2 GT Radial INCS 2016 akan diselenggarakan di Sirkuit Stadion Mandala Krida, Yogjakarta, 2 April mendatang.