Home > Event > Gymkhana/Slalom >

Fix, Kejuaraan Internasional Auto Gymkhana di Semarang

  • Fix, Kejuaraan Internasional Auto Gymkhana di Semarang

Sejarah baru bakal dikawal Genta Auto & Sport, dimana promotor nasional yang sudah kenyang pengalaman ini bakal menghelat kejuaraan berlevel internasional bertajuk ‘Asia Zone Gymkhana Championship 2017’. Putaran perdana dari 4 seri tersebut akan diselenggarakan di Semarang pada 22 Juli mendatang.

Kenapa disebut sejarah baru? Yup, pasalnya, untuk kejuaraan Auto Gymkhana setingkat Asia, ini baru kali pertama diselenggarakan dibawah naungan FIA (Federation Internationale de I’Automobile). Sebelumnya, kejuaraan serupa sudah digelar dibeberapa negara di Asia, akan tetapi masih belum resmi dicatat oleh badan organisasi otomotif sedunia atau FIA tersebut. “Momentnya tahun lalu ketika ada kejuaraan Gymkhana di Taiwan, dimana ada 2 pebalap Indonesia Demas Agil dan James Sanger yang turut berlaga disana. Nah, disitu seluruh perwakilan Asia atau IMI nya Asia dikumpulkan oleh FIA untuk bersepakat menyelanggarakan Asia Zone Auto Gymkhana ini,” beber Tjahyadi Gunawan, komandan Genta Auto & Sport. “Jadi kita sangat beruntung mendapat kehormatan menggelar seri perdana tersebut, dan Semarang saya rasa sangat pas untuk penyelenggaraan yang diikuti oleh 16 negara di Asia itu karena selain tempatnya strategis juga memiliki beberapa destinasi wisata untuk para peserta,” Lanjut Pak Gun, sapaan intim Tjahyadi Gunawan.

 

Sementara, kepastian akan digeber di Semarang, setelah Genta Auto & Sport memalui Tjahyadi Gunawan beraudiensi dengan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, di Balaikota Semarang, (6/6) ini. Pada kesempatan itu, Walikota yang juga mantan Ketua IMI pengprov Jateng itu menyetujui gelaran spektakuler yang merupakan tonggak sejarah itu digelar di Kota Lumpia Semarang. “Saya rasa sangat tepat Kota Semarang sebagai tuan rumah, mengingat Kota Semarang berada pada jalur lintas pulau Jawa. Posisinya strategis untuk gelaran internasional seperti ini. Hal ini memudahkan orang untuk datang menonton dari manapun,” tegas Hendi. Dia menambahkan, hal ini menjadi sebuah lompatan besar, karena untuk kesekian kalinya perhatian dunia akan tertuju ke Kota Semarang. Pemkot pun akan melakukan persiapan dengan baik, agar dapat memberikan kesan yang baik kepada tamu-tamu dari luar negeri Juli mendatang.

Rencananya, arena yang akan dipakai untuk Asia Zone Gymkhana Championship 2017 seri 1 itu adalah jalan Pahlawan Semarang. Selain Indonesia, 4 putaran selanjutnya akan diselenggarakan di Jepang, Korea, Malaysia dan Taiwan. “Tentu saja kejuaraan balap ini akan menydot perhatian dunia karena nanti setiap negara akan membawa media masing-masing,” pungkas Pak Gun. Mantab Genta Auto & Sport.