Home > Event > Speed Offroad >

Indonesia Xtreme Sprint Offroad Racing Championship 2017 Putaran-2 (Paramount Land)

Sekali Observasi dan Turun Perdana, Subhan Aksa Langsung Juara

  • Sekali Observasi dan Turun Perdana, Subhan Aksa Langsung Juara

 

 

Saat Indonesia Xtreme Offroad Racing (IXOR) putaran perdana dihelat di Sirkuit Citra Mitra City, Banjarbaru, Kalsel, Maret lalu, Pereli internasional, Subhan Aksa, tampak dengan cermat menyaksikan kejuaraan. Yup, ternyata, Ketua Pengprov IMI Sulsel itu melakukan observasi alias melakukan pengamatan menyeluruh. Hasilnya, saat perdana mengikuti kejuaraan ini, Ubang, sapaan intim Subhan, langsung menjadi juara nasional.

 

Sebelumnya, Ubang belum pernah menjajal mobil offroad. Ya baru mencoba mobil tulubar dengan mesin 8 silinder sebelum pelaksanaan putaran 2 Kejurnas Speed Offroad IXOR di Paramount Land, Gading Serpong, Tangerang ini.

 

Tapi, dasar memilki basic yang kuat sebagai pereli yang mengikuti beberapa serial Reli Asia Pacific dan World Rally Championship adik kandung Ketua PP IMI, Sadikin Aksa ini langsung bisa tune in. Selain itu juga didukung kendaraan yang mumpuni. Ubang memakai mobil tubular spesifikasi kelas Free For All G5.4. Mobil bekas H. Dirman yang semula disiapkan untuk TB Adhi kemudian di last minute diperuntukkan Ubang agar balapan speed offroad semakin ramai.

 

Bukti keandalan Ubang dibuktikan langsung menempati posisi 2 di bawah Jhoni dari Jhonlin Racing usai melibas 2 Special Stage hari Sabtu. Namun Ubang langsung melejit di 2 SS Champ of the Champ pada Minggu petang. Ubang mencetak waktu fantastis dengan 03:26.581 di SS5 dan 03:24.843 SS6 dengan total time 06: 51.424. Sedang Jhoni dengan 03:27.446 dan 03: 26.015 dengan total 06: 53.461 menit di posisi kedua. "Alhamdulillah bisa menang. SS awal sembari masih adaptasi dulu.Karena prinsipnya tidak banyak berbeda dengan reli. Hanya ada jumpingan di speed offroad," ungkap Ubang yang didampingi Arianto Sjarief  sebagai navigator.

 

Yang tak banyak diketahui, kiprah Ubang kali ini mendapat support penuh Alexandra Asmasoebrata, sang kekasih yang selalu setia menemani. Andra yang juga pebalap formula itu tampak membantu menyiapkan handuk, minuman hingga foto-foto sebelum Ubang melakukan start. "Saya nggak mau kalau jadi navigatornya Ubang. Malah pusing. Kalau mau ya jadi driver sekalian dong," kilah Andra yang telah sekitar 1 tahun berpacaran dengan keponakan Wapres HM Jusuf Kalla itu.