Home > Event > Speed Offroad >

Srikandi-srikandi Bernyali

  • Srikandi-srikandi Bernyali

Mungkin jumlahnya jutaan, atlet olahraga dari kaum Hawa di Indonesia. Namun untuk olahraga yang satu ini hanya bisa dihitung dengan jari. Yup, adventure offroad! tak banyak wanita yang menekuni olahraga otomotif ekstrim ini, selain harus memiliki ketrampilan khusus mengendarai mobil-mobil berkecepatan tinggi, Offroader juga mutlak harus bernyali.

     Pada Kejuaraan Nasional Adventure Offroad Team 2014, ada 2 Srikandi bernyali yang mempertontonkan kelihaiannya membesut mobil 4x4. Mereka adalah Mariachi Gunawan dari tim GT Radial 4x4 Adventure Offroad dan Ari Christiani, Offroader andalan Tim Dewi Sakti Pati. Ria, sapaan intim Mariachi, adalah putri mantan juara nasional offroad Tjahyadi Gunawan, memulai menginjak pedal gas mobil-mobil offroad pada saat masih menginjak bangku sekolah dasar. "Pertama Papi yang memperkenalkan offroad kepada saya, kemana-mana kalau beliau main pasti saya diajak dan beberapa kali dibonceng di sebelahnya, lama-lama jadi suka offroad," ungkap Dara manis yang berzodiak Leo ini. Menginjak usia belasan, kejuaraan-kejuaraan offroad baik skala regional, nasional bahkan internasional pun diikutinya. Tak jarang, lulusan S2 salah satu perguruan tinggi di Jakarta ini bersanding dengan Offroade-offroader pria di podium juara. "Yang paling berkesan adalah ketika mengikuti kejuaraan Rain Forest di Malaysia pada tahun 2008 dan pada saat bisa mengalahkan offroader-offroader laki-laki pada setiap kejuaraan, apalagi yang senior dan yang hebat-hebat," ujar Ria.

     Sementara Ari Christiani atau yang lebih akrab disapa Rierie ini lebih 'baru' di kancah offroad nasional dibanding Mariachi. Mahasiswi STIE YKPN Yogjakarta ini memulai debut perdananya bermain offroad pada saat mengenyam bangku SMA, kejuaraan daerah di kawasan Borobudur Magelang adalah event pertamanya. "Bermain offroad sensasinya luar biasa saat bisa menyentuh garis finish, apalagi pada saat terjungkal lalu terguling-guling, mantab," kekeh gadis 21 tahun ini. Kemudian, kejuaraan-kejuaraan bertaraf nasional pun dilahap putri pertama dari 4 bersaudara ini. Tak heran, atas prestasinya, awal tahun ini Rierie dianugerahi award sebagai atlet berprestasi 2013 oleh Pengprov IMI Jateng. Di Tim Dewi Sakti, Rierie berada satu bersama ayahandanya, Siswanto, yang juga Offroader. Mengarungi Kejurnas Adventure Offroad Team 2014 ini dirinya berharap bisa mempersembahkan hasil maksimal untuk timnya. "Dengan formasi tim yang baru mudah-mudahan bisa makin kompak dan mendapatkan hasil yang memuaskan di tahun 2014 ini," terang Rierie.

     Keduanya, baik Ria maupun Rierie menyatakan akan terus bermain offroad selama masih ada kejuaraan offroad yang diselenggarakan di Indonesia. Bahkan keduanya juga kompak mengajak para kaum Hawa yang lain untuk mengenal dan menekuni olahraga ekstrim ini. "Mana nih yang lain?" sahutnya. Salut!