Home > Event > Speed Offroad >

Indonesia Open Championship X-Treme Offroad Racing 2016 Seri-3 : Hattrick Haji Sam

  • Indonesia Open Championship X-Treme Offroad Racing 2016 Seri-3 : Hattrick Haji Sam

Haji Samsudin dari Jhonlin Racing Team (JRT) memastikan hattick atau merengkuh gelar juara 3 kali secara berurutan setelah (1-2/10), kembali merebut podium utama kelas best overall pada lanjutan putaran ke-3, kejuaraan Indonesia Open Championship X-Treme Offroad Racing 2016, yang dihelat di Sirkuit Tembong Jaya, Serang-Banten.

Sejatinya, big boss Jhonlin Baratama itu hanya mampu finish di runner up kelas G5.4, catatan waktunya kalah dari pebalap CGRT, Attuy Fatturahman. Namun kekalahannya dibayar lunas di best overall yang mempertemukan 20 terbaik dari seluruh kelas. H. Samsudin dengan co-driver Michael tetap tampil konsisten dan mampu mempertahankan posisinya di puncak dengan catatan waktu 3 menit 02,560 detik. Urutan kedua ditempati Rizal Sungkar berpasangan dengan navigator senior Anthony Sarwono. Rizal memakai mobil Mitsubishi Pajero Sport bekas Rifat Sungkar memperkuat tim Pertamax Motorsport Offroad Team. Sedang peringkat ketiga ditempati Andi Baihaki dari tim BJM Kalimantan Selatan.

Sementara, Rifat Sungkar yang menggeber gacoan anyar, Mitsubishi Triton seharga Rp 900 juta dari Australia harus puas di posisi kelima. Rifat mengatakan masih perlu adaptasi dengan mobil barunya yang lebih lebar itu. “Mobil Mitsubishi Racing Triton saya mengalami kendala pada bagian ban. Hal itu menyebabkan catatan waktu saya tertinggal cukup jauh di SS 3. Saya selanjutnya mengatur strategi untuk bermain aman di SS 4 agar dapat bisa bertarung di babak best overall.” Tukasnya.

Hujan deras yang turun di siang hingga sore hari menyebabkan karakter lintasan menjadi basah dan licin. Hal ini membuat perlombaan semakin menatang dan lebih sengit.

Putaran ke-4 akan dilangsungkan di Sirkuit Paramount, 5-6 November mendatang dan babak final akan dihelat di Sirkuit Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Hasil Kejuaraan

1 7  H. Samsudin/Michael                     G5.4            Jhonlin Racing Team

2 248 Rizal Sungkar/A. Sarwono        G5.4            Pertamax Motorsport

3 17 Andi Baihaki/Yurri S                      G5.3            BJM Racing Team

4 9 Jhoni/Zul                                            G5.4            Jhonlin Racing Team

5 236 Rifat Sungkar/M. Redwan         G5.4            Pertamax Motorsport

6 20 Dony Syahputra/Dede H             G5.4            BJM Racing Team

7 59 H. Atuy Faturahman/Indra           G5.4            BJM CGRT

8 811 Yusdar Umar/M. Aruman           G5.4            JMM - RPM Racing Team

9 22 Tb Deyang/M. Lutfi                       G4.2            HRVRT BGM HBM BMB

1016 Tb Adhi/Boy M. Dinata               G5.4            HRVRT BGM HBM BMB