Home > Event > Speed Offroad >

Sirkuit Dahsyat, Seri Pamungkas Menggeliat

Mitra Hino Indonesia Xtreme Offroad Racing 2014 Seri 5, Banjarbaru (Final)

  • Mitra Hino Indonesia Xtreme Offroad Racing 2014 Seri 5, Banjarbaru (Final)
  • Mitra Hino Indonesia Xtreme Offroad Racing 2014 Seri 5, Banjarbaru (Final)

Inilah speed offroad! Satu kalimat dan 3 kata tersebut yang diucapkan beberapa offroader di putaran ke-5 atau seri terakhir perhelatan Indonesia Xtreme Offroad Racing (IXOR) 2014 yang diselenggarakan di Sirkuit Citra Mitra City, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, (8-9/11), kemarin.

Sirkuit Citra Mitra City memang super dahsyat, selain memiliki panjang lintasan tak kurang dari 4,6km, arena tempur speed offroad yang dirancang sedemikian rupa oleh Genta Auto & Sport ini juga memiliki handycap-handycap yang komplit, lengkap dengan jalur lurus panjang, tikungan v, u serta tikungan panjang dan zig-zag. Ciamiknya sirkuit diamini beberapa offroader yang kemarin beradu skill di Citra Mitra City Banjarbaru. "Sirkuit sangat bagus yang di dalamnya sangat bervariasi seperti tanjakan, turunan, tikungan tajam pendek, tikungan panjang dan lain sebagainya. Ini salah satu sirkuit speed offroad terbaik," ucap Musa Rajeckshah atau Ijeck, ketua Pengprov IMI Sumut yang juga salah satu peserta IXOR 2014 kemarin. Demikian pula yang disampaikan Prasetyo E.M, pembalap dari tim Banteng Motorsport, menurutnya Sirkuit Citra Mitra City Banjarbaru adalah yang terbaik yang pernah ditemuinya. "Luar biasa, inilah speed offroad yang sebenarnya. Dengan kondisi sirkuit yang seperti ini membuat pembalap akan tampil lebih maksimal," tukas Pras, sapaan akrabnya. Rencananya untuk 4 tahun kedepan sirkuit Citra Mitra City akan menjadi sirkuit permanen untuk ajang speed offroad Indonesia.

Seri penutup dari 5 putaran IXOR 2014 kemarin benar-benar memuaskan 102 peserta. Selain dimanjakan dengan lintasan, secara kebetulan, 2 cuaca juga menghadang para pembalap. Yup, panas terik dan hujan yang cukup lebat makin melengkapi perjuangan para offroader kemarin. Seperti diketahui, hari pertama Sirkuit Citra Mitra City diterpa hujan yang cukup lebat, tak hanya itu, angin kencang juga melanda kawasan megah tersebut dan mengakibatkan beberapa tenda paddock melayang di udara bahkan ambruk rata dengan tanah. Namun sekali lagi, istimewanya, dengan hujan lebat berjam-jam tak membuat lintasan menjadi sangat becek atau berlumpur. Sementara hari ke-2, pembalap dihadapkan dengan panas yang cukup menyengat.

Di Kejuaraan, Rifat Sungkar yang berpasangan dengan MBN Boyke mampu menjadi yang terbaik di kelas FFA2 dan best overall, mengalahkan Demas Agil dan TB Adhi. Meski dengan raihan absolut pada putaran terakhir, tak mampu mendongkrak posisi Rifat Sungkar di klasemen akhir kejuaraan IXOR 2014. Di best overall, H. Samsudin dari Jhonlin Racing Team, Batulicin, Kalimantan Selatan, yang akhirnya menjadi pemuncak kelas paling bergengsi dengan total 75 poin, hasil dari 5 seri IXOR 2015 mengungguli seteru terberatnya Rifat Sungkar di posisi kedua dengan 61 poin dan Riezka Donalsha di tempat ke-3 dengan 55 poin. Dengan raihan tersebut, pemilik Jhonlin Grup tersebut berhak atas 1 mobil Mitsubishi Pajero sebagai hadiah utama.