Home > Event > Speed Offroad >

Konsisten

Indonesia X Offroad Racing 2014 Seri 3 (Semarang)

  • Indonesia X Offroad Racing 2014 Seri 3 (Semarang)

Sarana Media Nusantara (SMN) dan Genta Auto & Sport, selaku penyelenggara perhelatan Indonesia X-Offroad Racing (IXOR) 2014 membuktikan konsistensinya, dengan menggelar seri ke-3 kejuaraan speed offroad 2014 di Sirkuit Bukit Semarang Baru (BSB), Semarang, (10-11/5), besok. Jumlah peserta yang kemungkinan akan menurun dibanding 2 seri IXOR sebelumnya (BSD dan Cikarang) bukan penghalang untuk gelaran akbar ini.

     Seperti diketahui, beberapa tahun belakangan, seiring dengan ‘on fire’ nya perkembangan olahraga otomotif speed offroad di Indonesia, amat sangat jarang kejuaraan digelar di Jateng atau Jatim, event hanya berkutat di Jabar, DKI, Banten ataupun Kalimantan. Akibatnya Pebalap speed offroad wilayah tersebut tidak berkembang. “Jika jumlah peserta lebih sedikit dibanding BSD dan Cikarang wajar, karena mungkin komunitas speed offroad di Semarang dan sekitarnya tak sebanyak DKI, Jawa Barat ataupun Banten. Yang pasti, dari segi kualitas tidak akan menurun,” terang Tjahyadi Gunawan dari Genta Auto & Sport. “Untuk perkembangan speed offroad di Tanah Air, kita konsisten dengan tetap menggelar kejuaraan di Semarang. Tujuannya agar Pebalap di Jateng dan Jatim bisa juga bersaing dengan Pebalap lainnya. Kasihan kan, sudah buat mobil dengan spesifikasi speed offroad yang mahal-mahal tetapi tidak pernah bertanding,” jelasnya lagi.

     IXOR 2014 seri ke-3 adalah rangkaian dari 5 putaran yang akan diselenggarakan SMN dan Genta Auto & Sport. BSB City merupakan kawasan permukiman berskala kota yang menawarkan kenyamanan tinggal dalam area perbukitan dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut dengan jarak sekitar 30 menit dari Simpang Lima Semarang. Lokasi Sirkuit tepat berada di kawasan BSB City yang dikelilingi oleh hutan tanaman karet.

Reza Kartadiwiria selaku Direktur Tehknik PT. Sarana Media Nusantara (SMN) menjelaskan. “Ajang ini merupakan kejuaraan balap Offroad Racing kali pertamanya bagi SMN yang diadakan di luar area JaBoDeTaBek. Ini membuktikan keseriusan SMN dengan para penggagasnya (GT-RADIAL, LUPROMAX, Jhonlin Group, Indonesia UTV Club) dalam memperkenalkan ajang balap Offroad Racing di Jawa Tengah dan berikutnya di Jawa Timur, serta sebagai komitmen menjalankan ajang balap dengan dengan beberapa putaran yang berada di beberapa provinsi,” beber Reza.

Total panjang lintasan berkisar antara 1.9km – 2.2km untuk satu putaran dengan konsep adanya X-Over menggunakan jembatan, sehingga total jarak yang harus diselesaikan oleh masing-masing pembalap sekitar 4km. Jembatannya sendiri dibuat permanen dari beton, karena nantinya track Offroad Racing ini akan digunakan untuk latihan bagi komunitas penggemar Speed Offroad di daerah Jateng, khususnya komunitas di Semarang.