Home > Event > Speed Offroad >

Kali Ini Milik Polaris

  • Kali Ini Milik Polaris

     Seri ke-3 putaran Kejurnas Super Special Stage Offroad Individual 2013, (7-8/12), kemarin, dihelat di Sirkuit Jhonlin, Batulicin, Kalimantan Selatan. Sebanyak 95 Offroader menjadi bagian putaran final dengan total hadiah ratusan juta rupiah tersebut.

     Seperti biasa, jika digelar di Batulicin, peserta dengan besutan UTV Polaris selalu mendominasi jumlahnya. Dari 95 peserta, hampir separo Offroader menunggang kendaraan asli Amerika ini. Bukan kuantitas peserta Polaris saja yang mendominasi kemarin. Hasil kejuaraan pun kali ini berpihak kepada Offroader yang menggunakan mobil roda empat matic tersebut. Yuma Wiranatakusuma yang mengibarkan bendera Jhonlin Racing Team digdaya di kelas winch upper 2501cc, semantara kelas upper non winch dimenangi Offroader tuan rumah lainnya, Faturrahman 'Atuy'. Dengan raihan kemenangan tersebut, Yuma dan Atuy berhak atas hadiah utama 1 buah mobil Polaris.

     Sekilas memang desain Sirkuit Jhonlin pas sekali dengan performa yang dimiliki UTV Polaris. Selain banyak sekali tikungan tajam pada tiap Special stage (SS) nya, dari 9 SS yang disediakan penyelenggara, hanya beberapa SS saja yang menggunakan winching poin. Kondisi seperti itu memang sedikit menguntungkan pengguna Polaris. Salah satunya seperti yang disampaikan Sumardji, Offroader dari tim Grage Zebra Surabaya. "Mobil besar sangat susah bermain disini, banyak sekali tikungan u atau v pada tiap SS nya. Sirkuit seperti ini pas banget kalau pakai Polaris," ujar Wakapolres Jombang ini. Asumsi Sumardji ada benarnya, namun patut dicatat juga, banyak pengguna UTV Polaris yang harus tercecer dan bahkan tidak dapat menyelesaikan kejuaraan.

     Hasil kejuaraan di Batulicin Kemarin juga menentukan posisi pada kejuaraan nasional. Meski hanya menduduki posisi runner up pada kelas winch upper 2501cc, Wahyu Lamban Jatmiko, Offroader asal Yogjakarta, berhasil menjadi juara nasional Super Special Stage Individual Offroad 2013, mengungguli pesaing terdekatnya Dr Jack asal Mataram NTB. Tambahan 20 poin di Batulicin menggenapkan jumlah poin Wahyu menjadi 58 poin, unggul 18 poin dari Dr Jack yang mengumpulkan 40 poin. Untuk non winch upper, Offroader asal tim Cahaya Abadi Offroad Banten, Nurcahyono, menjadi juara nasional dengan torehan 33 poin, unggul tipis dari para pesaingnya Eddy BJ (25 poin) dan Offroader wanita Mariachi Gunawan (19 poin). Gelar juara nasional lain yakni kelas winch under jatuh kepada Joshua Pasaribu dan non winch s/d 1000cc diraih Fen Saparita dari Yogjakarta.

Link hasil: https://www.mediafire.com/folder/0bpzt1txyui6r/Offroad%20Batulicin