Home > Event > Sprint Rally >

Pertamax Sprint Rally Championship 2016 : Tantangan Race Malam

Pertamax Sprint Rally Championship 2016 : Tantangan Race Malam

  • Pertamax Sprint Rally Championship 2016 : Tantangan Race Malam

Seri pembuka kejuaraan Pertamax Sprint Rally Championship 2016 akan digelar di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten pada 3 - 4 Juni 2016 mendatang. Pertamax Sprint Rally Championship putaran pertama ini akan dilaksanakan pada malam hari sebanyak empat special stage. Tentu saja hal ini akan merupakan suatu keunikan sekaligus tantangan tersendiri bagi para pereli nantinya. Perlu diketahui bahwa salah satu tujuan perlombaan diadakan di malam hari adalah agar para pereli tak hanya mengandalkan ingatannya akan karakter lintasan, namun juga bagaimana mereka menjalin komunikasi yang baik dengan keseluruhan tim.

Gelaran Pertamax Sprint Rally Championship 2016 merupakan bagian dari program Pertamax Motorsport Championship. Sebelumnya salah satu program Pertamax Motorsport Championship yang telah sukses digelar adalah Pertamax IIMS Drift War 2016. Selain itu, akan digelar juga Pertamax Dragbike 201 Meter Championship 2016 pada 28 - 29 Mei mendatang.

Di kelas Super 16 pada ajang Pertamax Sprint Rally Championship 2016 ini, para peserta dibebaskan untuk melakukan modifikasi apapun, namun safety mengikuti regulasi yang telah ditetapkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). Kecuali, jika mobil yang digunakan memakai sequential gearbox, maka peserta tersebut diharuskan mengikuti kelas Maxi Car sesuai dengan tipe penggerak, turbo, supercharge, NOS x 1,6 dari cc mobilnya. Demikian pula halnya di kelas Maxi Car, para peserta juga dibebaskan untuk melakukan modifikasi apapun, namun safety tetap mengikuti regulasi yang telah ditetapkan oleh IMI.

     Peraturan lain yang perlu diperhatikan oleh para calon peserta adalah handicap yang bukan diterapkan untuk mobil, melainkan untuk driver-nya sendiri. Peraturan handicap yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Seeded A (Senior)= 1 detik / 500 m

Seeded B (Junior)= 0,5 detik / 500 m

Non-Seeded (Pemula)= 0

Terkait kebijakan handicap, ini merupakan suatu bentuk upaya Pertamax Motorsport untuk mencari pereli-pereli muda berbakat agar mereka mendapatkan motivasi tambahan dan tidak perlu takut untuk bersaing dengan para seniornya.

 

Para pereli yang tergabung dalam Seeded A, dipersilakan untuk memperebutkan piala kejuaraan kelas, namun tidak diperbolehkan untuk memperebutkan kejuaraan umum. Selain itu, pereli Seeded A juga akan memperebutkan piala Fastron Best Seeded Driver di setiap serinya. Nantinya, para peserta yang ikut dipersilakan mengikuti maksimal sebanyak dua kelas, dan kendaraan juga boleh dipakai dua kali serta bebas menggunakan ban apa saja.

Pendaftaran dibuka Mulai 23 Mei mendatang

Para peserta yang berniat untuk mengikuti Pertamax Sprint Rally Championship 2016 putaran satu, dapat melakukan pendaftaran secara online mulai tanggal 23 Mei hingga 2 Juni 2016 melalui situs resmi www.pertamaxmotorsport.com.  Calon peserta bakal dikenakan biaya pendaftaran di mana pembayarannya dapat dilakukan di sekretariat atau di lokasi pada saat scrutineering berlangsung.

Bagi para pemenang dalam kejuaraan ini, Pertamax Motorsport akan memberikan piala dan  juga hadiah uang tunai di setiap putarannya. Dan bagi Juara umum di akhir tahun juga akan memperebutkan Piala bergilir dan hadiah berupa uang tunai  puluhan juta rupiah.

Berikut adalah kelas-kelas yang akan dipertandingkan di Pertamax Sprint Rally Championship 2016 putaran pertama:

Super 16 (Untuk mobil bermesin 0 hingga 1600 cc)

F16= FWD

R16= RWD

J16= Jeep

Maxi Car (Untuk mobil bermesin 1600 cc ke atas)

Maxi-F= FWD

Maxi-R= RWD

Maxi-J= Jeep

Maxi-N= Sedan 4-WD

     Untuk informasi lebih lanjut terkait Pertamax Sprint Rally Championship 2016, para peserta juga dapat mengunduh buku panduan yang terdapat di situs www.pertamaxmotorsport.com mulai 23 Mei mendatang.